Pasar merupakan suatu tempat yang di mana terdapat pertemuan antara pembeli dengan penjual dalam rangka untuk melakukan transaksi ekonomi. Baik menjual maupun membeli suatu barang dan juga jasa ataupun sumber daya ekonomi serta berbagai jenis faktor dari produksi lainnya. Pasar pada umumnya tidak memiliki batas secara geografis, sehingga pengertian dari kata pasar tidak merujuk pada suatu tempat atau sebuah lokasi tertentu.
Mengapa demikian, karena semakin berkembangnya ilmu teknologi yang juga dapat diaktakan sebuah faktor dari meningkatnya juga sistem jaringan komunikasi secara modern. Dengan jaringan komunikasi yang modern tersebut, maka membuat hilangnya hambatan dan juga batasan-batasan dari arti atau pengertian pasar dalam segi geografis.

Dengan kata lain, pembeli dan juga penjual dapat melakukan transaksi tanpa harus saling melihat wajah satu dengan yang lainnya. Dalam hal ini yaitu disebut dengan secara online.
Pengertian dari pasar
Pengertian pasar secara khusus merujuk pada semua bentuk aktivitas dari penawaran serta permintaan yang termasuk dengan surat berharga, modal, tenaga kerja dan juga tak lupa alat dalam bertransaksi, yaitu uang. Dalam ilmu ekonomi, pasar sendiri berarti besar kecilnya penawaran yang secara keseluruhan untuk jasa dan juga barang tertentu.Pasar sendiri merupakan bagian hal yang penting terutama bagi kehidupan sehari-hari. Disebut demikian karena pada dasarnya terdapat berbagai kebutuhan yang secara kasar tidak dapat dihasilkan oleh sendiri. Oleh karena itulah pasar ada untuk memperoleh atau memenuhi kebutuhan tersebut.
Para pembeli yang dikenal juga dengan istilah konsumen datang ke pasar dengan membawa alat pembayaran berupa uang. Sedangkan penjual memiliki harga beli yang ditawarkan pada penjual untuk kemudian dibayar oleh uang tersebut.
Ciri-ciri pasar
Secara lebih sngkat dan jelas, pasar memiliki ciri yaitu terdapat pembeli dan juga penjual, baik secara calon maupun telah pasti. Adanya barang ataupun jasa yang merupakan bagian dari yang akan diperjual-belikan. Proses permintaan dan juga penawaran terjadi di antara kedua belah pihak, yaitu pembeli dan penjual. Lalu terjadi interaksi di antara penjual dan juga pembeli. Hal tersebut terjadi baik secara langsung maupun tidak langsung seperti halnya bertransaksi secara online.Jenis-jenis pasar menurut bentuknya
Bentuk pasar di sini yaitu mulai dari kegiatan, waktu, cara transaksi dan lain sebagainya. Di antaranya yaitu sebagai berikut ini;
Jenis pasar menurut bentuk dari kegiatannya
Terbagi menjadi dua yaitu pasar nyata dan pasar tidak nyata yang masing-masing memiliki pengertian terdapat jenis barang yang diperjual-belikan seperti halnya di pasar-pasar swalayan ataupun pasar tradisional, dan yang secara tidak nyata atau abstrak yaitu jenis barag berupa surat dagangan seperti halnya pasar modal, pasar saham dan juga pasar valuta asing.
Jenis pasar menurut cara transaksi
Terbagi menjadi dua yaitu pasar tradisional dan juga pasar modern, yaitu; pasar tradisional tentunya bersifat tradisional yang cirinya terdapat tawar menawar antara penjual dan pembeli secara langsung yang umumnya, jenis barang yang dijual merupakan kebutuhan pokok dalam sehari-hari.
Sedangkan pasar modern memiliki ciri di mana barang yang diperjual-belikan tidak dapat ditawar lagi. Dengan kata lain telah memiliki harga pas dengan layanannya sendiri. Pasar modern sendiri sudah dapat terlihat ciri lainnya yaitu seperti halnya mal, plaza, ataupun supermarket.
Jenis-jenis pasar lainnya dapat dibedakan menurut jenis barangnya, konsumsi, sumber daya produksi, waktunya yang melibatkan harian, mingguan, bulanan, tahunan ataupun temporer; hingga keleluasaan dalam distribusinya. Demikian pengertian dan juga jenis-jenis pasar.
Maaf, komentar kamu akan aku moderasi terlebih dahulu, supaya aku tahu kalau ada komentar baru yang masuk, terima kasih telah berkomentar diblog ini :)
EmoticonEmoticon