Semua tentang pengertian-pengertian oleh ahli dibahas diblog ini

iklan

17 Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli

Pengertian Komunikasi adalah proses penyampaian informasi seperti pesan, ide, atau gagasan dari suatu pihak kepada pihak lainnya. Biasanya komunikasi ini dilakukan secara verbal atau lisan yang mudah dimengerti oleh kedua belah pihak yang sedang melakukan komunikasi.

Jika tidak ada komunikasi verbal, kedua pihak ini juga bisa berkomunikasi dengan melakukan gerak-gerik badan, dan juga menunjukkan sikap tertentu, seperti tersenyum, menggelengkan kepala, mengangguk, dan lain-lain.

17 Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli
Pengertian komunikasi menurut ahli

Banyak para ahli berpendapat tentang pengertian komunikasi, dan disini aku akan coba memberikan informasinya. Dibawah ini ada 17 Ahli berpendapat tentang pengertian komunikasi mereka.

17 Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli


1) Deddy Mulyana 

Komunikasi menurut Deddy Mulyana adalah sebagai interaksi dan juga komunikasi untuk tindakan satu arah.

2) Forsdale 

Menurut Forsdale komunikasi adalah proses yang dalam sistem itu terbentu dan dipelihara dan juga diubah dengan tujuan supaya sinyal-sinyal yang dikirimkan dapat diterima dan juga dilakukan sesuai peraturan yang berlaku.

3) Benny Kaluku

Komunikasi adalah proses penyampaian pengertian dan juga mengandung semua unsur prosedur yang bisa mempertemukan pemikiran dengan pemikiran yang lainnya.

4). Raymond Ross

Proses memilih, pengiriman simbol-simbol, dan menyortir sedemikian rupa supaya bisa membantu penerima pesan membangkitakan responds atau makda dari pemikiran yang serupa dengan yang dimaksudkan oleh komunikator.

5) Carl I. Hovland

Menurutnya Komunikasi adalah suatu proses yang memungkinkan seseorang menyampaikan rangsangan (biasanya dengan menggunakan lambang verbal) untuk mengubah perilaku orang lain.

6) Bernard Barelson & Garry A. Steiner

Menurutnya Komunikasi adalah proses transmisi informasi, gagasan, emosi, keterampilan dan sebagainya dengan menggunakan simbol-simbol, kata-kata, gambar, grafis, angka, dsb.

7) Colin Cherry

Menurutnya Komunikasi adalah proses dimana pihak-pihak saling menggunakan informasi dengan untuk mencapai tujuan bersama dan komunikasi merupakan kaitan hubungan yang ditimbulkan oleh penerus rangsangan dan pembangkitan balasannya.

8) Everett M. Rogers

Beliau mengemukakan pendapatnya yaitu Komunikasi adalah suatu proses dimana suatu ide dialihkan dari sumber kepada suatu penerimaan atau lebih dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka.

9) Rogers & O. Lawrence Kincaid

Komunikasi merupakan suatu interaksi dimana terdapat dua orang atau lebih yang sedang membangun atau melakukan pertukaran informasi dengan satu sama lain yang pada akhirnya akan tiba dimana mereka saling memahami dan mengerti.

10) Theodore M. Newcomb

Setiap bentuk komunikasi dipandang sebagai suatu transmisi informasi, yang terdiri dari rangsangan yang diskriminatif, dari sumber untuk penerima.

11) William Albig

Menurutnya Komunikasi adalah proses pengoperan lambang yg berarti diantara individu-individu.

12) Prof. Dr. Alo Liliweri

Menurutnya Komunikasi adalah pengalihan suatu pesan dari satu sumber kepada penerima agar dapat dipahami.

13) Murphy & Mendelson

Menurutnya Komunikasi merupakan suatu komunikaso untuk membangun & mempertahankan hubungan interpersonal.

14) Gerald R. Miller

Menurutnya Komunikasi terjadi saat satu sumber menyampaikan pesan kepada penerima dengan niat sadar untuk mempengaruhi perilaku mereka.

15) William J. Seller

Menurutnya komunikasi adalah proses dimana simbol verbal dan nonverbal dikirimkan, diterima dan diberi arti.

16) Onong Uchjana Effendy

Menurutnya komunikasi adalah proses penyampaian pesan oleh seseorang kepada orang lain untuk memberitahu, mengubah sikap, pendapat, atau perilaku, baik secara lisan (langsung) ataupun tidak langsung (melalui media)

17) Ruben dan Steward 

adalah suatu proses mengaitkan individu yang satu dengan individu yang lainnya dalam suatu komunitas, kelompok, organisasi dan masyarakat yang menciptakan dan merespon pesan dengan tujuan beradaptasi dengan lingkungan yang satu dengan lainnya.

Sumber referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_definisi_komunikasi
http://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi

Previous
Next Post »

Maaf, komentar kamu akan aku moderasi terlebih dahulu, supaya aku tahu kalau ada komentar baru yang masuk, terima kasih telah berkomentar diblog ini :)
EmoticonEmoticon

 

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *