Semua tentang pengertian-pengertian oleh ahli dibahas diblog ini

iklan

Pengertian, Tujuan, Dan Sejarah APEC

Pengertian, Tujuan, Dan Sejarah APEC - APEC adalah singkatan dari Asian Pasific Economic Coorporation, APEC didirikan pertama kali pada tahun 1989, ini merupakan organisasi kerjasama ekonomi regional dikawasan Asia Pasifik. Disaat itu ada pertemuan tingkat menteri pada negara-negara di Asia Pasifik yang diadakan di Canberra, Australia.

Jumlah dari perwakilan APEC ialah berjumlah 21 Anggota, mereka bertemu secara pertahun atau tahunan, untuk mendiskusikan isu-isu yang akan mereka hadapi. APEC ialah forum ekonomi guna untuk meningkatkan kerjasama dan juga liberalisasi perdagangan yang meliputi semua ekonomi yang cukup besar pada wilayah Asia Pasifik.
Sejarah APEC
APEC

Tujuan Pembentukan APEC

Tujuan APEC adalah untuk meningkatkan kesejahteraan dan juga pertumbuhan ekonomi di kawasan Asia Pasifik dan juga untuk menginkatkan kerjasama ekonomi melalui peningkatan volume perdagangan dan investasi. Selain dari itu, APEC juga bertujuan untuk memperjuangkan kepentingan ekonomi dikawasan tersebut ditengah-tengah perkembangan ekonomi internasional.

Sejarah Pembentukan APEC

Berdirinya APEC dilatarbelakangi oleh perubahan di Uni Soviet dan Eropa Timur. Diikuti perubahan sistem ekonomi negara-negara di Eropa Timur yang sebelumnya adalah pengikutnya, dan juga runtuhnya Uni Soviet dengan sistem ekonomi komunisnya.

Sistem ekonomi komunis ini berubah secara tertutup dan bertahap menjadi sistem ekonomi liberal, sehingga ini lah yang memunculkan kesadaran akan adanya dasar setiap negara itu saling membutuhkan.

Pada saat itu ada perundingan Putaran Uruguay yang membahas tatanan perdagangan dunia. Putaran Uruguay adalah perundingan Negara-negara anggota GATT (General Agreement of Trade and Tariff) pada tahun 1986 di Punta del Este, Uruguay tepatnya.

Sebab terjadinya didirikan APEC adalah atas kekhawatiran gagalnya perundingan tersebut, jika perundingan itu gagal, maka dikhawatirkan akan muncul sikap proteksionis bahkan juga akan melahrikan kelompok-kelompok regional yang tertutup kembali. Dan juga dunia pada saat itu sangat sedang mengarah pada sistem perdagangan bebas maka dari itu kekhawatiranlah yang terus bermunculan.

Organisasi APEC ini diprakarsai oleh mantan Perdana Menteri Australia Bob Hawke disaat berpidato di Seoul, Korea di tahun 1989. 12 Negara hadir pada tahun itu yang bertempat di Canbera, Australian dan sepakat untuk mendirikan APEC.

Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »

1 komentar:

Anonymous delete December 15, 2016

ini blog bakalan jadi sumber referensi gue nanti kalo ada tugas nulis :D

Maaf, komentar kamu akan aku moderasi terlebih dahulu, supaya aku tahu kalau ada komentar baru yang masuk, terima kasih telah berkomentar diblog ini :)
EmoticonEmoticon

 

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *