Semua tentang pengertian-pengertian oleh ahli dibahas diblog ini

iklan

Nilai-Nilai yang Terkandung Dalam Musik Nusantara

Nilai-Nilai yang Terkandung Dalam Musik Nusantara - Semua orang pasti tahu apa itu nilai dan semua orang juga berpendapat tentang nilai itu berbeda-beda. Tetapi dalam arti luasnya Nilai adalah anggapan tentang kebenaran, kebaikan, dan juga keindahan (bersifat relatif). Nilai didalam suatu karya musik tidak serta-merta dapat dipahami oleh semua orang.

Akan tetapi hanya orang terlatihlah yang mampu memahami suatu kandungan nilai dalam suatu karya sebuah musik. Orang-orang yang terlatih itu adalah kritikus musik, penghayat terlatih, dan juga penggemar setia atau bahasa kerennya Fans. Dan nilai-nilai yang terkandung pada musik nontradisional adalah sebagai berikut:

Nilai-Nilai yang Terkandung Dalam Musik Nusantara
Musik Nusantara

Nilai-Nilai yang Terkandung Dalam Musik Nontradisional

1) Adanya muatan nilai sosial

Pada jajaran musik pop, ada beberapa nama beken yang sanggup menggetarkan semangat dan rasa solidaritas masyarakat yang selama ini hampir sirna dari sanubari mereka salahsatunya adalah Koes Plus. Pada masa jayanya Koes Plus membuatkan sebuah lagu "Nusantara" yang membuka cakrawala pendengarnya bahwa mereka mempunyai negeri yang sangat indah, kaya, makmur, damai dan juga sejahtera. 

2) Sebagai batasan lokalitas

Nilai yang sangat dekat sekali dengan batasan lokalitas (kewilayahan, institusional, masyarakat, etnis dan juga bangsa) pribadi dan komunitas. Semua itu tergantung pada kredo masing-masing. Ada kelompok masyarakat yang akan sangat marah sekali apabila merasa direndahkan martabatnya ketika disebut "celeng", dan sementara untuk kelompok lainnya biasa saja, bahkan itu bisa dijadikan bahan pelengkap upacara, yang berarti itu dimuliakan.

3) Adanya muatan nilai yang indah, menarik, dan mendidik

Semua orang pasti tahu sebuah karya musik yang paling mudah dipahami sekalipun orang yang sangat awam adalah lagu. Seseorang akan cepat sekali menilai lagu itu indah atau tidak dan enak didengar atau tidak. Lagu yang baik itu adalah lagu yang mengandung kedua unsur tersebut secara seimbang, indah, dan juga mendidik, tidak seperti lagu-lagu zaman sekarang yang penuh dengan cinta-cintaan.

4) Mengangkat harkat manusia

Jika kita berbicara dengan nilai, bentuk musik yang baik itu pasti mengandung unsur dan muatan yang mendidik dan indah untuk didengar dan dinikmati. Baik itu musik tradisional ataupun musik nontradisional, timur atau barat, religius, metal apapun itu selagi mengandung nilai yang mendidik. 

5) Perlambang nilai jiwa dan ucapan

Budaya tulis telah membantu seniman untuk menjelaskan maksud, tujuan, dan nilai-nilai yang terkandung dalam karya mereka. Memang nilai didalam suatu musik hanya terkandung dalam syairnya saja, tetapi keseluruhannya juga seperti melodi, nada, irama, dan juga lirik lagu yang merupakan ekspresi seseorang dari dalam batinnya tentang suatu hal.

Bagaimana pendapatmu tentang nilai-nilai yang terkandung dalam musik nusantara? masukkan jawabanmu dikolom komentar, selamat belajar.

Previous
Next Post »

Maaf, komentar kamu akan aku moderasi terlebih dahulu, supaya aku tahu kalau ada komentar baru yang masuk, terima kasih telah berkomentar diblog ini :)
EmoticonEmoticon

 

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *