Semua tentang pengertian-pengertian oleh ahli dibahas diblog ini

iklan

Pengertian Sistem Pemerintahan (Artikel Lengkap)

Pengertian Sistem Pemerintahan - Secara umum pengertian sistem pemerintahan sebagai suatu kesatuan pengertian dapat diartikan sebagai sesuatu perbuatan memerintah yang dilakukan oleh organ-organ pemerintahan dalam arti luasnya yang dengan bekerja sama hendak mencapai suatu maksud dan tujuan.

Sistem pemerintahan bisa juga diartikan maupun didefinisikan sebagai kumpulan fungsi-fungsi dari lembaga-lembaga pemerintahan yang saling berhubungan sedemikian rupa dalam satu kesatuan ikatan sehingga membentuk suatu metode atau mekanisme guna mencapai suatu maksud dan tujuan pemerintahan.

Didalam sistem pemerintahan tersebut merupakan suatu pengertian dalam arti luas dan pengertian dalam arti sempitnya yaitu didasarkan kepada sistem hubungan antara kekuasaan legislatif dan kekuasaan eksekutif.

Dan untuk pengertian sistem pemerintahan dalam arti sempit adalah Hubungan dan kedudukan eksekutif, legislatif dan yudikatif, sedangkan dalam arti luasnya adalah hubungan kedudukan pemerintah dengan yang diperintah atau bisa dikatakan demokrasi.

Pengertian Sistem Pemerintahan
Pengertian sistem pemerintahan
Didalam sistem pemerintahan negara dapat dibagi menjadi dua kalsifikasi besar, apa sajakah itu? :
  1. Sistem pemerintahan presidensial
  2. Sistem pemerintahan parlemeter
Negara-negara lain didunia pada umumnya telah menganut salah satu dari sistem pemerintahan yang berlaku tersebut. Adanya sistem pemerintahan lain dianggap sebagai variasi atau kombinasi dari dua sistem pemerintah diatas.

Di Negara Inggris disebut sebagai Mother of Paliaments (induk parlemen), sedangkan Amerika Serikat merupakan tipe ideal dari negara dengan sistem pemerintahan presidensial. Kedua dari negara tersebut tetap konsisten dalam menjalankan prinsip-prinsip sistem pemerintahannya.

Sistem pemerintahan disebut parlementer apabila badan eksekutif sebagai badan pelaksana kekuasaan eksekutif mendapat pengawasan langsung dari badan legislatif. Sistem pemerintahan disebut presidensial apabila badan eksekutif berada diluar pengawasan langsung badan legislatif.

Jadi dengan ini kamu sudah tahu apa saja kelemahan ataupun keburukan yang sangat menonjol dari sistem pemerintahan parlementer. Semoga bermanfaat...

Previous
Next Post »

Maaf, komentar kamu akan aku moderasi terlebih dahulu, supaya aku tahu kalau ada komentar baru yang masuk, terima kasih telah berkomentar diblog ini :)
EmoticonEmoticon

 

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *