Semua tentang pengertian-pengertian oleh ahli dibahas diblog ini

iklan

Pengertian Zaman Batu dan Sejarahnya

Zaman batu adalah dimana semua masyarakatnya masih menggunakan peralatan yang terbuat dari batu. Zaman batu ini dimulai dari 600.000 SM yang lalu. Seperti nama zamannya, peralatan yang digunakan oleh orang zaman batu itu sebagian besar menggunakan peralatan Batu.

Alat-alat yang terbuat dari batu ini digunakan untuk mempertahankan diri, mencari ikan, memotong, melempar, menghidupkan api, dan masih banyak sekali.

Sebenarnya selain dari batu tersebut, digunakan juga peralatan yang berbahan kayu, akan tetapi tidak ditemukan fosil karena kayu mudah lapuk dan tidak tahan lama. Dizaman batu tersebut pola pikir manusia masih sangat sederhana sekali.

Zaman batu dibagi menjadi empat periode, yaitu zaman batu tua (palaeolithikum), zaman batu muda (mesolithikum), zaman batu muda (neolithikum), dan zaman batu besar (megalithikum). Dan untuk penjelasannya mari kita ulas dibawah ini:

Pengertian Zaman Batu dan Sejarahnya
Tentang zaman batu serta sejarah zaman batu

1) Zaman Batu Tua (Palaeolithikum)

Zaman batu tua berlangsung sekitar 600.000 SM. Dizaman ini alat-alat yang banyak dibuat seperti dari batu yang kasar yang tidak diasah dan tidak dihaluskan. Alat-alat batu kasar pada zaman batu tua yang digunakan adalah kapak genggam. Di kehidupan zaman batu tua sangat sederhana sekali, untuk memenuhi kebutuhan hidupnya mereka sangat bergantung sekali kepada alam.

Tempat tinggal mereka berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Mereka mencari tempat yang subur yang banyak menyediakan bahan makanan, contohnya umbi-umbian, daun, dan lainnya yang bisa dimakan. Jika bahan makanan ditempat tersebut sudah habis, mereka akan berpindah lagi untuk mencari persediaan makanan.

2) Zaman Batu tengah (Mesolitikum)

Di masa zaman batu tengah bentuk benda dan juga alat-alatnya masih sama sekali dengan zaman batu tua, tidak basah, tidak dihaluskan, dan berbentuk kasar pastinya. Kapak genggam dan kapak pendeklah yang dihasilkan pada zaman batu tengah ini.

Tetapi yang menjadi perbedaan dari zaman batu tua dan zaman batu tengah ini adalah tempat tinggal yang mulai menetap alias tidak berpindah-pindah, mereka tinggal di Gua-gua, bahkan dari mereka ada yang sudah mampu berpikir untuk membuat rumah, walaupun masih sangat sederhana dan bentuknya acak-acakan. Masyarakat dizaman batu tengah juga sudah mulai mengenal yang namanya bercocok tanam, maka dari itu mereka tidak berpindah-pindah tempat tinggal lagi untuk mencari bahan makanan.

3) Zaman batu muda (Neolitikum)

Alat-alat yang digunakan pada zaman batu muda ini yaitu batu yang halus atau sudah diasah dan sangat berbeda sekali pada zaman sebelumnya yaitu batu tengah dan batu tua. Alat-alat yang dibuat juga berbeda seperti kapak persegi dan kapak lonjong.

Masyarakat pada zaman batu muda sudah bisa membuat rumah yang terbuat dari bambu, kayu, dedaunan. Tetapi sebagian dari mereka masih ada yang tinggal didalam Gua. Untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari mereka bercocok tanam dengan menggunakan peralatan kapak persegi dan kapak lonjong yang mereka gunakan sebagai cangkul.

4) Zaman batu besar (Megalitikum)

Pada zaman batu besar, bangunan banyak dibuat dengan batu-batu besar. Batu besar ini kasar alias tidak halus, untuk membuat bangunan, batu-batu besar ini hanya mereka ratakan saja secara kasar hingga membentuk bangunan yang mereka inginkan.

Bangunan yang mereka buat ini antara lain kubur batu, arca, menhir, dolmen, punden berundak-undak, dan juga peti kubur (sarcopagus)

Itulah penjelasan mengenai Pengertian dan sejarah zaman batu yang bisa aku jelaskan hari ini. Semoga dengan ini kamu sudah paham dan sudah mengerti sejarah, selamat belajar.

Previous
Next Post »

Maaf, komentar kamu akan aku moderasi terlebih dahulu, supaya aku tahu kalau ada komentar baru yang masuk, terima kasih telah berkomentar diblog ini :)
EmoticonEmoticon

 

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *