Semua tentang pengertian-pengertian oleh ahli dibahas diblog ini

iklan

Pengertian Grafik, Definisi, Fungsi dan Jenis Grafik

Saat masih duduk di bangku SMP dan SMA, guru matematika kita sering menyinggung tentang grafik. Dalam kehidupan sehari-hari, ketika kita membaca referensi kita juga sering mendapati grafik dalam buku yang kita baca. Sebenarnya apa itu grafik? Apa fungsi dan jenisnya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut pada kesempatan kali ini kita akan membahas lebih jauh mengenai grafik.

Pengertian Grafik

Pengertian Grafik, Definisi, Fungsi dan Jenis Grafik

Grafik diartikan sebagai penyajian data dalam tabel yang disajikan dalam bentuk gambar. Secara lebih spesifik pengertian grafik adalah gabungan data berupa angka, simbol, huruf, lambang, perkataan dan lukisan yang ditampilkan dalam sebuah media dengan tujuan memberikan gambaran yang dibuat oleh penyaji materi agar lebih mudah diterima oleh penerima materi.

Selain pengertian tersebut, grafik juga berarti sebuah rangka yang dipakai untuk membentuk gambaran sebuah data yang ada dalam sebuah tabel. Data dalam tabel biasanya berupa angka yang dapat kita visualisasikan dalam wujud gambar bangun datar seperti persegi, kerucut, lingkaran, segitiga, segi empat dan sebagainya. Definisi lain dari grafik yang merupakan perluasan makna grafik adalah visualisasi naik turunnya sebuah data yang dideskripsikan dalam gambar atau garis.

Fungsi Grafik

Secara garis besar fungsi grafik dapat dibedakan menjadi dua yaitu:
  1. Mendeskripsikan data kuantitatif dalam sebuah tabel ke dalam sebuah garis atau gambar dengan bentuk yang simpel namun akurat.
  2. Menggambarkan perkembangan atau perbandingan sebuah data yang saling berkaitan dengan singkat, jelas dan padat.

Jenis Grafik

Umumnya, tiga jenis grafik yang sering dipakai dalam berbagai aspek termasuk aspek pendidikan adalah:

A. Grafik batang
Definisi grafik batang adalah grafik yang datanya disajikan dalam bentuk batang atau persegi panjang. Grafik batang termasuk kategori grafik yang paling sederhana dan mudah dibaca. Fungsi grafik batang adalah untuk menunjukkan perbedaan tingkat nilai dari beberapa poin dalam sebuah data dalam tabel.

Kekurangan penggunaan grafik ini adalah hanya bisa membandingkan maksimal delapan data yang harus digambarkan dengan warna yang berbeda-beda. Panjang batang merupakan persentase data sedangkan lebar batang tidak berpengaruh apa-apa.

B. Grafik garis
Grafik garis adalah grafik yang penyajiannya menggunakan garis atau kurva. Grafik ini dipakai untuk menggambarkan perkembangan suatu obyek yang diteliti. Umumnya, grafik ini memiliki dua sumbu utama yaitu sumbu X yang biasanya menunjukkan waktu data tersebut diamati sedangkan sumbu Y adalah hasil pengamatan yang digambarkan dengan skala angka.

Titik-titik hasil pengamatan dari masing-masing waktu bisa ditarik garis sehingga terbentuklah garis atau kurva. Grafik model seperti ini juga disebut dengan diagram garis.

C. Grafik lingkaran
Definisi grafik lingkaran adalah penyajian data dalam sebuah tabel dalam bentuk lingkaran. Pada umumnya, grafik ini merupakan visualisasi naik turunnya data yang digambarkan dalam sebuah lingkaran. Untuk membuat grafik lingkaran Anda harus memperhatikan akurasi persentase masing-masing kelompok data dari total data secara keseluruhan lalu tentukan besar sudut dari masing-masing data tersebut.

Cara untuk menghitung persentase masing-masing kelompok data adalah dengan cara jumlah satu kelompok data tersebut dibagi dengan jumlah keseluruhan data dan dikali 100 %. Sedangkan untuk sudut masing-masing data bisa didapatkan dengan cara membagi hasil persentase data tersebut dengan 360 derajat. Yang terakhir adalah pilih warna masing-masing kelompok data sebagai pembeda untuk lebih memudahkan.

Tujuan Pembuatan Grafik

grafik dibuat dengan tujuan membandingkan data satu dengan data lain secara informatif dalam tampilan yang lebih mudah dipahami. Data yang rumit bisa disederhanakan ketika divisualisasikan dalam sebuah grafik. Jika pembaca belum bisa membaca atau memahami grafik yang dibuat, ini berarti grafik tersebut belum mampu menyampaikan pesan yang dimaksud.

Previous
Next Post »

Maaf, komentar kamu akan aku moderasi terlebih dahulu, supaya aku tahu kalau ada komentar baru yang masuk, terima kasih telah berkomentar diblog ini :)
EmoticonEmoticon

 

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *