Semua tentang pengertian-pengertian oleh ahli dibahas diblog ini

iklan

Pengertian Diagram, Definisi Jenis-Jenis Diagram

Kamu mungkin sudah sangat familiar dengan sebutan diagram. Tapi sebenarnya apa sih pengertian diagram, definisi jenis-jenis diagram dan kegunaan dari tiap-tiap diagram ini. Meski sudah kerap menggunakannya dalam pelajaran matematika dan ilmu statistika tapi ternyata masih banyak yang belum mengenal jelas diagram ini.

Untuk bisa lebih mengenal berbagai jenis diagram, definisi dan fungsi dari diagram ini, silahkan menyimak ulasan berikut ini.

Mengenal apa itu diagram.

Diagram Flat Design

Jika membicarakan diagram, hal yang sangatlah berkaitan adalah data. Diagram kerap kali muncul dalam ilmu matematika dan ilmu statistika. Kamu yang masih sekolah dan kuliah pasti sangat familiar dengan diagram.

Diagram pada dasarnya sebuah bentuk visual yang menggambarkan hasil dari pengolahan data. Data yang masih mentah biasanya akan diolah yang nantinya hasil pengolahan data itu kemudian disajikan secara ringkas dan jelas menggunakan diagram.

Singkatnya pengertian dari diagram adalah sebuah bentuk yang menyajikan penjelasan dan keterangan dari sekumpulan data yang sudah diolah. Karena disajikan dalam format gambar, hasil pengolahan dari sekumpulan data tadi bisa lebih dimengerti oleh orang awam.

Dalam Diagram biasanya juga terdapat lambang-lambang. Lambang-lambang ini digunakan untuk menjelaskan sebuah prosedur, sarana, maupun kegiatan dalam sebuah sistem.

Jenis-jenis diagram.

Diagram terbagi dalam beberapa jenis. Jenis-jenis dari diagram ini digunakan sesuai kebutuhan. Setelah mengenal pengertian diagram, definisi jenis-jenis diagram dan fungsi dari masing-masing diagram tersebut akan dijelaskan di bawah ini :
  1. Diagram lingkaran. Diagram ini berbentuk lingkaran. Tiap-tiap bagian ini nantinya akan dibagi menjadi beberapa bagian. Dalam statistik, diagram ini biasa digunakan untuk menunjukkan hasil pengolahan data dalam presentasi.
  2. Diagram Batang. Diagram ini berbentuk kotak. Dalam statistik, diagram ini biasanya digunakan untuk menerangkan perkembangan nilai sebuah objek dalam beberapa kurun waktu.
  3. Diagram Kotak Garis. Dalam ilmu statistik, diagram ini biasanya dipakai untuk menggambarkan statistik Lima Serangkai, yang terdiri dari data ekstrim dari mulai data terkecil hingga data terbesar, Q1, Q2 dan Q3.
  4. Diagram Batang Daun. Untuk jenis diagram ini, dalam ilmu statistik biasa digunakan untuk menjelaskan penyebaran data. Data akan dibagi dalam beberapa komponen (tabel batang), kemudian data diurutkan dari satuan terkecil ke satuan terbesar (ditabel daun).
  5. Diagram Venn. Diagram ini biasa digunakan dalam ilmu matematika. Diagram venn digunakan untuk menyatakan keterkaitan beberapa objek. Diagram ini mampu menunjukan hubungan logika dan hipotesis yang mungkin terjadi oleh beberapa objek.
  6. Diagram garis. Seperti namanya, diagram jenis ini menampilkan hasil pengolahan dalam bentuk garis. Garis disajikan biasanya membentuk sebuah kurva yang menunjukkan hasil dari pengolahan data. Dalam ilmu statistik, diagram ini kerap digunakan untuk menjelaskan data hasil pengamatan dari waktu ke waktu yang dilakukan secara berurutan. Diagram ini akan membentuk sebuah garis grafik yang membentuk kurva menjelaskan perubahan dari waktu ke waktu. 

Fungsi Umum Diagram.

Diagram memang terbagi dalam beberapa jenis. Tiap-tiap jenis diagram ini memiliki fungsinya masing-masing. Tapi secara umum, diagram memiliki fungsi untuk mempresentasikan data secara grafis supaya lebih mudah dipahami.

Bayangkan saja kamu melihat kumpulan data mentah yang berupa angka. Kamu pasti akan kebingungan. Maka dari itu dibutuhkan diagram untuk bisa mempresentasikan data yang berupa kumpulan angka ini ke dalam bentuk gambar supaya lebih mudah dimengerti dan dipahami.

Dengan tampilan yang mudah dimengerti, kegiatan analisis data juga akan lebih mudah untuk dilakukan. Demikian sedikit ulasan tentang pengertian diagram, definisi jenis-jenis diagram dan kegunaan atau fungsi umum dari diagram.

Previous
Next Post »

Maaf, komentar kamu akan aku moderasi terlebih dahulu, supaya aku tahu kalau ada komentar baru yang masuk, terima kasih telah berkomentar diblog ini :)
EmoticonEmoticon

 

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *