Semua tentang pengertian-pengertian oleh ahli dibahas diblog ini

iklan

Pengertian Prinsip Ekonomi, Ciri, Jenis dan Contoh

Pengertian Prinsip Ekonomi, Ciri, Jenis dan Contoh - Untuk memenuhi kebutuhan hidup anda sehari – hari sebenarnya bukan satu hal yang mudah. Karena ada banyak sekali jenis kebutuhan yang harus anda penuhi. Mulai dari kebutuhan untuk sandang dan pangan. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan ini anda memang memerlukan biaya yang sebenarnya tidak sedikit sehingga tak sedikit muncullah sebuah prinsip ekonomi.

Pengertian Prinsip Ekonomi

Prinsip ekonomi adalah salah satu usaha anda untuk bisa mendapatkan satu hasil tertentu dengan sebuah pengorbanan yang sedikit mungkin. Selain itu, prinsip ekonomi juga bisa dilarikan sebagai salah satu tindakan dalam rangka untuk mendapatkan tertentu dengan biaya yang sedikit mungkin.

Dimana tujuannya adalah untuk bisa mencapai tingkat efektif dan efesien yang jauh lebih tinggi dalam memenuhi semua kebutuhan ekonomi.
Semua tentang Ekonomi

Ciri – Ciri Prinsip Ekonomi

Setelah memahami arti dari prinsip ekonomi, maka beberapa ciri dari prinsip ekonomi juga harus anda pahami. Beberapa cirinya adalah :
  • Bersifat hemat
  • Lebih mengutamakan kebutuhan yang penting
  • Membuat rincian mengenai kebutuhan hidup yang terpenting hingga membuat rincian kebutuhan yang memang tidak terlalu penting
  • Melakukan tindakan dengan lebih rasional dan ekonomi, yakni ditentukan dengan kebutuhan yang menggunakan perencanaan yang jauh lebih matang
  • Anda juga harus bertindak dengan prinsip dalam mengeluarkan biaya yang sedikit dengan hasil yang besar

Jenis Prinsip Ekonomi

Ada beberapa jenis dalam prinsip ekonomi beberapa diantaranya adalah :
  1. Prinsip dari Produsen. Ini adalah salah satu prinsip yang digunakan untuk bisa menentukan jenis bahan baku, alat dalam proses produksi dan juga biaya dalam produksi dari bahan baku sebelum menjadi bahan jadi. Dalam prinsip ini sangat ditekankan pada bahan baju yang rendah tapi bisa menghasilkan barang yang sangat berkualitas.
  2. Prinsip dari penjual atau pedagang. Ini adalah salah satu jenis prinsip ekonomi yang bisa anda gunakan untuk melakukan banyak jenis usaha sehingga anda bisa memenuhi selera dari konsumen. Prinsip ini biasanya lebih menekankan pada jenis promo si, hadiah dan lain sebagainya dengan tujuan untuk bisa memperoleh banyak pelanggan sehingga anda bisa mendapatkan keuntungan yang sangat banyak.
  3. Prinsip dari pembeli. Untuk prinsip ini biasanya dilakukan untuk bisa mendapatkan produk dan jasa yang jauh lebih bermutu sehingga bisa mendapatkan kualitas yang jauh lebih baik namun dengan biaya yang sangat murah dan minim.

Contoh dari Prinsip Ekonomi

Dengan memiliki tiga jenis prinsip ekonomis yang sudah dijelaskan ini, maka secara tidak langsung yang menimbulkan beberapa contoh perilaku dalam ekonomi beberapa diantaranya adalah :
  • Anda akan bertindak menjadi lebih ekonomis. Ini artinya anda akan bertindak untuk memenuhi kebutuhan hidup dengan cara yang lebih rasional. Yang artinya anda akan bertindak dengan memikirkan segala hal dengan cara yang matang dan berpegang dengan prinsip ekonomi. Salah salah satu contohnya adalah ketika anda memang sangat membutuhkan sebuah bulpen.

    Ada dua pilihan 1 dengan harga 10ribu dan 1 lagi dengan harga 5ribu. Namun keduanya memiliki fungsi yang sama. Maka anda mungkin akan membeli yang 5ribu. Selain lebih murah anda juga bisa mendapatkan barang berkualitas dengan fungsi yang sama.
  • Anda akan berfikir jauh lebih ekonomis. Anda akan mulai mencari cara agar bisa memanfaatkan apa yang ada di alam sehingga memiliki nilai guna yang jauh lebih baik. Hal ini sebenarnya bisa anda lakukan untuk mengimbangi sejumlah keperluan dan juga kebutuhan yang semakin lama semakin meningkat.
Saya rasa kamu sudah paham dengan penjelasan tentang Ekonomi ini. Jadi, sampai disini dulu penjelasan kali ini, sampai ketemu diartikel berikutnya, semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »

Maaf, komentar kamu akan aku moderasi terlebih dahulu, supaya aku tahu kalau ada komentar baru yang masuk, terima kasih telah berkomentar diblog ini :)
EmoticonEmoticon

 

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *