Semua tentang pengertian-pengertian oleh ahli dibahas diblog ini

iklan

Pengertian Paragraf, Ciri, Fungsi dan Jenis Paragraf

Pengertian Paragraf, Ciri, Fungsi dan Jenis Paragraf - Secara tidak sadar, sebenarnya anda sering membuat sebuah paragraf. Mulai dari menulis catatan harian, status di media sosial hingga caption dalam sebuah foto. Bahkan anda juga mungkin sering membaca paragraf dalam surat kabar atau buku. Namun, kebanyakan orang tidak tahu mengenai arti paragraf sebenarnya, apa saja jenis paragraf dan bagaimana cirinya.

Pengertian Paragraf

Paragraf adalah sebuah kumpulan dari satu kesatuan yang ada di pikiran anda dengan kedudukan yang jauh lebih tinggi serta menjadi lebih luas pada tiap kalimat.

Atau dapat dikatakan juga jika paragraf adalah bagian dari sebuah karangan yang mana terdiri dari beberapa kalimat yang isinya berisi mengenai banyak informasi dari seorang penulis untuk para pembicara dengan bagian utamanya adalah sesuatu yang dipusatkan dan juga sudah diperjelas dengan kalimat pendukung lainnya.

paragraf

Paragraf sendiri sebenarnya terdiri dari beberapa jenis kalimat yang berhubungan satu dengan lain sehingga menjadi satu rangkaiannya yang akhirnya menghasilkan satu informasi.

Selain itu, paragraf juga disebut sebagai salah satu tempat untuk menuangkan ide dari seorang penulis dengan menggabungkan kalimat yang saling berkaitan menjadi satu tema. Banyak juga yang menyebutkan jika paragraf adalah salah satu karangan singkat yang memiliki informasi penting.

Ciri – Ciri Paragraf

Nah, setelah mengetahui apa itu pengertian dari paragraf sekarang saatnya untuk anda mempelajari beberapa ciri dari paragraf yang terdiri dari :
  1. Pada kalimat di baris pertama biasanya diletakkan dengan agak dalam. Dan jarak untuk ini biasanya adalah lima ketukan spasi jika untuk sebuah karangan biasa. Untuk karangan kalimat selanjutnya akan dibuat lebih maju dibandingkan dengan baris pertamanya
  2. Paragraf juga memiliki dua jenis kalimat. Pertama adalah kalimat utama dan ada juga kalimat penjelasannya
  3. Dalam sebuah paragraf biasanya menggunakan satu kalimat utama dan juga diikuti dengan beberapa kalimat penjelasnya.
  4. Untuk kalimat utama biasaya adalah kalimat topik atau pokok atau bisa juga disebut sebagai satu gambaran umum mengenai ide yang akan disampaikan
  5. Kalimat penjelas adalah gambaran secara rinci dari ide yang akan disampaikan dan juga menerangkan pikiran dari kalimat topik

Fungsi Paragraf

Selain memiliki ciri, ada juga fungsi dari paragraf yang perlu anda ketahui diantaranya adalah :
  • Untuk mengekspresikan sebuah gagasan yang sudah tertulis. Dalam ruang lingkup ini artinya adalah anda harus mengekspresikan sebuah gagasan dengan memberikan bentuk dalam satu pikiran dan juga perasaan dalam sebuah rangkaian kalimat sehingga bisa terbentuk dalam satu kesatuan yang cukup utuh.
  • Sebagai tanda peralihan dalam sebuah gagasan baru. Artinya adalah dalam sebuah karangan terdiri dari banyak sekali paragraf yang mana memiliki beberapa ide dan juga gagasan. Nah gagasan dan ide ini akan terletak pada masing – masing paragraf. Sehingga jika anda membuat sebuah paragraf baru anda juga harus membuat sebuah gagasan dan ide yang baru
  • Memudahkan anda dalam mengemabngkan topik baru sehingga memudahakan pembaca dalam memahami tulisan

Jenis Paragraf

Dengan memahami sebuah jenis ciri dan fungsinya maka akan lebih mudah untuk anda mengetahui apa saja jenis paragraf. Berdasarnya alur ceritanya paragraf terbagi atas :
  • Paragraf narasi : ini adalah salah satu jenis paragraf yang menceritakan satu kejadian berdasarkan dengan urutan ceritanya sehingga menjadi satu cerita yang runtun
  • Paragraf Eksposisi : ini adalah salah satu jenis paragraf yang memiliki tujuan untuk menyampaikan informasi, memaparkan, menjelaskan dengan rinci dan menerangkan sebuah topik tertentu pada orang lain.
  • Paragraf Agumentasi : ini adalah salah satu paragraf yang berisi mengenai sebuah ide, pendapat dan gagasan dari penulis yang disertai dengan fakta
  • Paragraf persuasi : jenis paragraf yang memiliki tujuan untuk membujuk seseorang untuk melakukan sesuatu yang dituliskan oleh penulis
Itulah penjelasan tentang paragraf yang perlu kamu ketahui, jika kamu ingin lebih tahu tentang apa saja kamu bisa terus berkunjung ke blog Guruhonor.com ini, terima kasih :)

Previous
Next Post »

Maaf, komentar kamu akan aku moderasi terlebih dahulu, supaya aku tahu kalau ada komentar baru yang masuk, terima kasih telah berkomentar diblog ini :)
EmoticonEmoticon

 

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *