Semua tentang pengertian-pengertian oleh ahli dibahas diblog ini

iklan

Mengetahui Pengertian dan Manfaat tentang Analisa SWOT

SWOT merupakan suatu kegiatan analisis yang umumnya digunakan oleh organisasi yang sistematis dan bahkan juga oleh manajemen dari suatu perusahaan. Selain itu, SWOT juga digunakan untuk membantu suatu usaha dalam penyusunan suatu rencana agar lebih matang. Cara tersebut tentunya demi mencapai suatu tujuan, baik dari organisasi maupun dari perusahaan tersebut yang tujuannya di jangka pendek maupun di jangka panjang.

Selebihnya, analisis dari SWOT juga sering diartikan sebagai bentuk dari menganalisa sebuah situasi dan juga kondisi dengan sifatnya deskriptif, dengan kata lain sebuah gambaran yang menerangkan tentang organisasi atau perusahaan tersebut. Tentunya, dengan adanya analisa dari situasi dan juga kondisi, maka akan menjadi masukan yang kemudian dikelompokan dan dijadikan suatu kontribusi yang sesuai.

Namun jangan salah, analisa SWOT sendiri hanya digunakan untuk menganalisa saja dengan penggambaran situasi dan juga kondisi yang dihadapi tersebut. Sehingga analisa ini bukan untuk memberikan jalan keluar yang berkaitan dengan permasalah yang sedang dihadapi oleh suatu organisasi maupun perusahaan.

Pengertian dan manfaat analisis SWOT

Mengenal analisa SWOT lebih lengkap

Analisa SWOT merupakan sebuah singkatan, yaitu Streng – Weakness – Opportunities – Threats, yang masing-masing memiliki arti kekuatan, kelemahan, peluang dan hambatan. Untuk lebih lengkapnya, berikut penjelasan dari masing-masing kata atau singkatan dari SWOT tersebut;

1. Strength (S)
Merupakan analisa yang berkaitan dengan kekuatan atau gambaran kekuatan yang dimiliki oleh suatu organisasi atau perusahaan. Menggunakan analisa ini yaitu dengan mengetahui kekuatan sekaligus kelemahan untuk dibandingkan dengan pesaing lainnya.

2. Weakness (W)
Analisa dari kelemahan yang tengah terjadi pada situasi dan kondisi yang dialami oleh suatu organisasi ataupun perusahaan. Jika menganalisa kelemahan tersebut, maka dapat diketahui dengan mudah kelemahan yang membuat kendala bagi organisasi maupun perusahaan sehingga kemajuan menjadi tertahan. Namun tentu saja, baiknya hal tersebut akan memberikan ketelitian dan juga perbaikan jika telah mengetahui kelemahan tersebut. Sehingga dapat menjadi acuan atau setidaknya pembelajaran untuk di masa depannya.

3. Opportunity (O)
Peluang atau kesempatan merupakan arti dari analisa opportunity ini. Yaitu gambaran akan peluang dari berkembangnya suatu organisasi ataupun perusahaan. Analisa tersebut dilihat dari sisi luar organisasi atau perusahaan tersebut. Hal ini akan memberikan terobosan karenan memungkinkan mengetahui cara dalam mengembangkan organisasi atau perusahaan tersebut.

4. Threats (T)
Kondisi ataupun situasi yang dianalisa oleh Threats yaitu gambaran dari ancaman suatu organisasi atau perusahaan terutama dalam segi menjalankan suatu usaha. Tantangan ataupun analisa yang dihadapi biasanya dipengaruhi oleh faktor dari lingkungan yang kurang atau bahkan tidak menguntungkan. Sehingga dapat menjadi suatu kemunduran hingga penghalang berjalannya suatu usaha tersebut.

Manfaat dari menggunakan analisa SWOT

Manfaat dari melakukan analisa berdasarkan SWOT ini yaitu untuk mengetahui suatu permasalahan yang sedang dihadapi. Selain itu juga, untuk mempertahankan kekuatan sehingga dapat mempertahankan suatu organisasi ataupun perusahaan dengan selalu menambah keuntungan melalui setiap peluang atau kesempatan yang ada.

Selebihnya, dengan melakukan analisa SWOT, dapat membantu untuk melihat berbagai sisi dan juga segi terutama lewat hal-hal yang terabaikan. Sehingga, dapat dikatakan bahwa analisa SWOT merupakan instrument yang sangat bermanfaat terutama dalam melakukan analisa strategi dalam suatu oraganisasi ataupun perusahaan. Baik untuk meminimalisir suatu kelemahan dan juga ancaman, maupun untuk mempertahankan kekuatan dan juga mencari keuntungan lewat peluang yang ada sehingga organisasi ataupun perusahaan tersebut dapat selalu berjalan dengan lancar dan semestinya.

Itulah hal-hal mengenai analisa SWOT dan juga manfaatnya yang patut untuk diketahui. Jika kamu ada pertanyaan atau saran tentang artikel ini, kamu bisa saja berkomentar melalui komentar dibawah ini, terima kasih semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »

Maaf, komentar kamu akan aku moderasi terlebih dahulu, supaya aku tahu kalau ada komentar baru yang masuk, terima kasih telah berkomentar diblog ini :)
EmoticonEmoticon

 

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *