Semua tentang pengertian-pengertian oleh ahli dibahas diblog ini

iklan

7 Ciri-ciri Negara Berkembang

Ciri-ciri Negara Berkembang adalah negara yang memiliki keadaan ekonomi, teknologi dan juga taraf hidup yang sedang dalam keadaan berkembang. Untuk tingkat pembangunan dari negara yang sedang berkembang sendiri juga lebih bervariasi dan biasanya mereka masih memiliki tingkat kesejahteraan yang jauh lebih rendah.

Negara berkembang biasanya memiliki kelebihan dari mulai potensi sehingga ada kemungkinan untuk menuju ke negera maju. Beberapa negera berkembang diantaranya adalah negera Asia Tenggara ( kecuali singapura yang masuk dalam negera maju ) Dalam negera berkembang biasanya memang hampir sebagian besar penduduknya bertaraf sangat menengah ke bawah dan memiliki kesenjangan sosial dan memiliki banyak masalah ekonomi serta masih memiliki masalah pada korupsi. Untuk lebih jelasnya berikut adalah

Negara Berkembang

Ciri-ciri Negara Berkembang

1. Memiliki Perekonomian Pada Sektor Primer
Yang dimaksud sektor primer disini adalah negera masih mengutamakan kekayaan dari alam atau sebagian besar dari penduduknya masih melakukan aktivitas agraris, beberapa diantaranya adalah pertanian, kehutanan dan perikanan. Dengan kata lain jika ini belum terjadi inovasi maka akan memiliki dampak yang buruk pada lingkungannya

2. Memiliki Pendapatan Kapita Yang Rendah
Salah satu indikator yang paling utama yang membahas masalah negara berkembang adalah jumlah pendapatan per kapita dari penduduknya. Pendapatan per kapita ini adalah pendapatan yang di dapatkan dalam waktu satu tahun. Untuk negara berkembang biasanya akan memiliki pendapatan per kapita sekitar US $876 hingga $3.465

3. Pendidikan Rendah
Untuk alasan tertentu banyak negara berkembang memiliki tingkat pendidikan yang rendah. Dan ini biasanya dapat anda ukur dengan melihat fasilitasnya yang masih sangat kurang. Selain itu, pemerintah juga masih memiliki kesulitan dalam menyediakannya, semua jenis kurikulum masih dirasakan cukup memberatkan siswa.

Pendidikan rendah ini bisa menjadi salah satu indikator masyarakatnya masih buta huruf. Kemudian efek dari pendapatan per kapita yang sangat kecil membuat banyak orang tua tidak bisa membiayai pendidikan dari anak – anaknya.

4. Jumlah Pengangguran Yang Cukup Tinggi
Ini adalah salah satu indikator yang penting. Saat ini lahan dari pekerjaan memang semakin sempit. Selain itu juga, untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang layak maka anda harus memiliki pendidikan yang tinggi.

Tapi jika dihubungkan dengan point sebelumnya, tingkat pendidikan yang rendah ini bisa dikarenakan memiliki pendapatan dari per kapita yang cukup rendah. Hal inilah yang akhirnya membuat makin meningkatnya pengangguran. Sehingga mau tidak mau orang – orang harus membangun usahanya sendiri.

5. Kurang Disiplin Waktu
Salah satu ciri khas dari budaya negara berkembang adalah tidak disiplin dan kurang menghargai waktu. Beberapa orang mungkin secara sadar ingin merubahnya tapi masih saja tidak bisa disiplin. Hal inilah yang membuat negara berkembang sulit untuk mengejar ketinggalannya.

6. Kurang Menguasai IPTEK
Dalam sebuah industri pengolahan di negara berkembang kebanyakan masih menggunakan cara yang sangat tradisional dan sangat ketinggalan. Walaupun ini caranya masih bisa dilakukan tapi ini dirasa sangat kurang efisien jika anda terapkan saat sekarang ini.

7. Memiliki Pertumbuhan Penduduk yang tinggi.
Ini merupakan salah satu bagian yang penting. Di beberapa negara berkembang angka kelahiran biasanya jauh lebih tinggi, dan kurang diimbangi dengan angka kematian. Hal inilah yang akhirnya menyebabkan penduduk dari negara yang berkembang masih belum bisa terkendali. Walaupun beberapa program pemerintah sudah dilaksanakan biasanya akan sangat sulit untuk diterapkan.

Itulah beberapa Ciri-ciri Negara Berkembang yang bisa dijelaskan secara umum. Indonesia masih masuk dalam negara berkembang, tak heran untuk keadaan sekarang ini banyak kesamaan beberapa point diatas dengan keadaan indonesia saat ini. Kamu juga bisa membaca artikel sebelumnya yaitu Ciri-ciri Negara Maju yang sudah saya bahas, terima kasih.

Previous
Next Post »

2 komentar

Muhammad Adam Hussein delete September 22, 2016

Indonesia termasuk negara berkembang, ya mudah-mudahan aja kualitasnya bisa ditingkatkan karena tidak perlu dicemaskan kalau semua unsur bekerja sama secara berimbang.

Rezky Alfian delete September 29, 2016

Semoga saja Indonesia kedepannya bisa menjadi Negara maju ya :)

Maaf, komentar kamu akan aku moderasi terlebih dahulu, supaya aku tahu kalau ada komentar baru yang masuk, terima kasih telah berkomentar diblog ini :)
EmoticonEmoticon

 

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *