Semua tentang pengertian-pengertian oleh ahli dibahas diblog ini

iklan

Definisi dan Ciri-Ciri Negara Maju

Seperti kita ketahui di dunia ini terdapat berbagai macam Negara dengan kultur budaya serta bahasanya yang berbeda-beda. Berdasarkan segi sosial dan ekonomi itu sendiri, Negara-negara yang ada di dunia mempunyai keanekaragaman tersendiri sehingga menjadikan tiap-tiap Negara tergolong unik.

Secara umum pembagian sebuah Negara sendiri bisa dikategorikan ke dalam 3 bagian yakni Negara terbelakang, kemudian Negara berkembang serta Negara maju.

Pengertian dan Definisi Negara Maju

Negara maju sendiri adalah istilah khusus bagi sebuah Negara yang dapat menikmati sebuah standar hidup tinggi berdasarkan sector teknologi dan mempunyai perekomian masyarakat yang merata.

Berdasarkan pernyataan tersebut bisa disimpulkan dimana Negara maju merupakan sebuah Negara dengan rakyatnya yang memiliki kesejahteraan dan kualitas hidup yang tinggi.

Umumnya Negara yang mempunyai Pendapatan Nasiona Bruta atau PNB dengan perkapita yang tinggi dianggap sebuah Negara yang maju. Selain itu, Negara maju mempunyai angka pertumbuhan para penduduknya yang tergolong relatif rendah. Disertai pula dengan angka kematian bayi sangat rendah, akibat kemajuan di bidang kedokteran.

Ciri-Ciri Negara Maju

Untuk lebih jelasnya, mari kita simak ciri-ciri dari Negara maju berikut ini :

Negara Maju

1. Pendidikan yang Bertaraf Internasional

Seluruh penduduk yang ada di Negara maju tentunya kebanyakan telah mengenal huruf, yang artinya mereka dapat menulis dan membaca dengan lancar. Hal tersebut tentunya berbeda jika dibandingkan Negara berkembang secara umum. Dimana pemerintah yang ada di Negara maju telah memberikan jaminan berbentuk pendidikan dasar untuk seluruh rakyatnya.

Biasanya pendidikan yang ada di Negara maju sendiri telah dilengkapi oleh fasilitas lengkap dan ruang belajar nyaman di kelasnya. Jadi tak heran bila kecakapan kemandirian dan sosial para peserta didik untuk mengembangkan potensinya termasuk system pendidikan yang umum dipakai di Negara maju.

2. Rendahnya Tingkat Pengangguran

Ciri-ciri yang paling umum dari sebuah Negara maju yaitu tingkat penganguran yang rendah. Perekonomian sebuah Negara tak dapat berjalan dengan maksimal bila jumlah wirausaha dan lapangan kerja terhitung rendah.

Adapun satu-satunya pengangguran yang biasanya terdapat di Negara maju yaitu pengangguran friksional. Dimana pengangguran friksional ini dapat terjadi akibaat peralihan dari tenaga kerja yang satu ke pekerjaan yang lainnya.

Biasanya para pengangguran yang ada di Negara maju sendiri justru memperole jaminan sosial yang berasal dari pemerintah. Walaupun begitu, jaminan tersebut tak menjadikan sarana bagi mereka untuk dapat bermalas-malasan seenaknya.

Bahkan mayoritas dari warga yang ada di Negara maju tersebut merasa malu bila mereka memperoleh jaminan tersebut, sehingga mereka pun berusaha untuk segera memperoleh pekerjaan yang baru sekuat mungkin.

3. Laju Pertumbuhan Rendah

Angka kelahiran adalah faktor pendukung yang menjadikan indikasi maju tidaknya sebuah Negara. Untuk Negara maju sendiri, biasanya mempunyai angka pertumbuhan hidup rendah, yaitu di bawah 1% pertumbuhan penduduk tiap tahunnya Adapun rendahnya angka pertumbuhan penduduk tersebut didukung dengan tingginya kesadaran masyarakat mengenai keluarga berencana, kemajuan teknologi di dunia kesehatan dan penundaan usia perkawinan.

4. Pendapatan per Kapita yang Tinggi

Pendapatan per kapita suatu Negara biasanya menjadi indikasi kemajuan Negara itu sendiri. Sektor untuk pendapatan perkapita ini bisa menunjukkan berapa jumlah pendapatan yang telah berhasil dicapai kebanyakan penduduk di suatu Negara selama satu tahun lamanya.

Menurut bank Dunia, sebuah negara maju mesti mempunyai kriteria dengan pendapatan perkapita 10.726 US Dollar lebih tiap tahunnya.

5. Kemajuan Teknologi dan Ilmu Pengetahuan

Dalam suatu Negara maju, umumnya para ilmuwan telah mendapat dukungan pemerintah melalui pemberian berbagai macam fasilitas terbaik untuk menunjang observasi yang dapat dilakukan oleh ilmuwan tersebut.

Seperti halnya fasilitas laboratorium lengkap dengan gaji tinggi sebagai penunjang semangat para ilmuwan sehingga menjadikan motivasi tersendiri saat melakukan inovasi terbaru dan terbaik untuk negaranya.

Previous
Next Post »

1 komentar:

Effendi nurdiaman delete October 15, 2016

Saya rasa Negara kita ini masih jauh untuk mancapai taraf itu mas karena masih banyak nya pengangguran dan pendidikan belum bertaraf internasional serta pendapatan perkapita negara masih sangat rendah

Maaf, komentar kamu akan aku moderasi terlebih dahulu, supaya aku tahu kalau ada komentar baru yang masuk, terima kasih telah berkomentar diblog ini :)
EmoticonEmoticon

 

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *