Semua tentang pengertian-pengertian oleh ahli dibahas diblog ini

iklan

Contoh Perubahan Sosial Budaya (Lengkap)

Sebelumnya kita juga sudah pernah membahas tentang Contoh Perubahan Sosial Budaya kali ini akan saya bahas lagi disini, agar kamu bisa lebih tahu tentang contoh-contoh sosial budaya. Sebelum kita membahas tentang apa saja Contoh Perubahan Sosial Budaya ada baiknya kita mengupas terlebih dahulu tentang apa itu perubahan sosial budaya. 

Perubahan sosial budaya suatu perubahan yang terlihat di sekitar kita dan dirasakan berubah serta mempengaruhi nilai dan tata cara kehidupan dari yang awalnya bersifat tradisional menuju ke arah yang lebih modern.  Lantas apa saja Contoh Perubahan Sosial Budaya, berikut pemaparannya.

1. Cara berkomunikasi

Tanpa disadari atau tidak saat ini kita lebih mudah berkomunikasi terutama dengan adanya kemajuan yang memanfaatkan internet serta jaringan satelit.  Dahulu tentu kita berkomunikasi dengan bertemu secara langsung, perubahan berlanjut ke arah yang lebih mudah yaitu menggunakan surat dan telgram.  Semuanya berubah sesuai dengan perkembangan zaman dan sat ini kemudahan berkomunikasi bisa terlihat dengan makin maraknya penggunaan telepon, layanan chating serta surat elektronik.

2. Cara berpakaian

Cara berpakaian yang kita gunakan saat ini juga merupakan pengaruh budaya dari luar.  Coba baca lagi buku-buku sejarah yang dulu menggambarkan bagaimana masyarakat Indonesia hanya menggunakan pakaian sederhana dengan bahan kain yang dijahit sekenanya.  Sengat berbeda dengan sekarang dimana mode pakaian selalu berubah dengan beragam desain, bahan dan warna yang ditawarkan.

3. Gaya hidup

Gaya hidup atau life style juga banyak berubah misalnya dengan orang-orang modern yang terkadang menjalani hidup yang condong ke arah barat.  Perubahan hidup ada yang positif dean negatif seperti sifat konsumtif atau boros, gaya hidup back to nature yang lebih sehat, atau terjerat pergaulan bebas dan bahaya narkoba yang bersifat merugikan.

4. Pertanian dan perkebunan

Sektor pertanian dan perkebunan juga merupakan salah satu Contoh Perubahan Sosial Budaya yang konkret dimana dahulu orang menggemburkan tanah dengan di cangkul atau do bajak menggunakan kerbau.  Namun sekarang berkebun bisa dilakukan dengan hidroponik yang tidak memerlukan tanah atau di dalam green house.  Belum lagi variasi nutrisi atau pupuk tanaman yang lebih beragam untuk mempercepat serta menyuburkan tanaman.

5. Kepercayaan

Dahulu kepercayaan di indonesia banyak diikuti oleh aliran animesme dan dinamisme.  Namun dengan seiring berjalannya waktu, agama serta kepercayaan juga berkembang yang ditandai dengan bermunculan agama yang lebih realitis dan dicari kebenarannya lewat penelitian secara empiris.

6. Sistem pemerintahan

Dahulu di indonesia terdiri atas beberapa kerajaan yang maju pesat, namun saat ini sistem pemerintahan Indonesia di kendalikan oleh seorang presiden dengan menggunakan asas demokrasi. Namun ada banyak negara juga yang masih menjunjung tinggi sistem pemerintahan berasaskan raja, ratu bahkan kaisar.

7. Kesenian

Contoh Perubahan Sosial Budaya yang justru mengarah ke hal yang kurang positif misalnya dengan adanya kesenian daerah yang sederhana dan bersifat tradisional namun ditinggalkan karena alasan sudah ketinggalan zaman.

Contoh Perubahan Sosial Budaya (Lengkap)

Tidak hanya itu karya musik tradisional juga banyak dipandang sebelah mata, bahkan anak-anak muda lebih menyukai musik dari luar negeri yang bergenre pop, hip-hip bahkan jazz.

8. Hiburan

Ini merupakan Contoh Perubahan Sosial Budaya yang terakhir.  Masih jelas dalam ingat bahwa dahulu anak-anak hanya memainkan permainan yang sederhana seperti congkak, lompat tali serta permainan yang mengandalkan gerakan. 

Tetapi saat ini justru permainan hanya dimainkan dengan duduk dan menatap layar ponsel atau layar monitor selama berjam-jam. Ini adalah Contoh Perubahan Sosial Budaya yang cenderung mengarah ke hal-hal negatif dan bisa membahayakan bisa tidak dibatasi atau di awasi.

Previous
Next Post »

3 komentar

Ikhsan Maulana delete October 14, 2016

yang paling sangat mencolok perubahanya yang itu mas point no.8.
memang benar sekarang anak dibawah umur sudah tervirus oleh hp, bahkan anak kelas 1SD pun seudah menggunakanya, saya mah dulu boro boro hehehee

Effendi nurdiaman delete October 14, 2016

Cara yang pertama memang sangat jelas sekali terlihat perubahannya ya kang makanya ada yang bilang kaya gini "kemajuan teknologi komunikasi dan informasi membuat orang jauh terasa dekat dan membuat orang dekat terasa jauh"

Unknown delete November 07, 2016

@Efefendi nurdiaman benar sekali itu mas

Maaf, komentar kamu akan aku moderasi terlebih dahulu, supaya aku tahu kalau ada komentar baru yang masuk, terima kasih telah berkomentar diblog ini :)
EmoticonEmoticon

 

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *