Semua tentang pengertian-pengertian oleh ahli dibahas diblog ini

iklan

Pengertian dan Macam-macam Seni Grafis Beserta Contohnya

Pengertian Seni grafis adalah sebuah cabang seni rumah dengan memanfaatkan teknologi dari komputer maupun teknik cetak. Dimana media percetakan tersebut yang digunakan biasanya menggunakan kertas atau kain. Seni grafis dapat dijumpai baik di majalah, Koran, pakaian maupun papan reklame.

Dimana seni grafis itu sendiri termasuk salah satu bagian seni rupa dengan konsep 2D atau dua dimensi. Seorang seniman grafis dapat berkarya menggunakan beragam media mulai dari cara tradisional sampai kontemporer, termasuk dari tinta air, cat air, tinta minyak, pigmen padat larut air dan pastel minyak.

Macam-Macam Seni Grafis dan Contohnya

Berdasarkan teknisnya sendiri, terdapat beberapa macam seni grafis yang bisa kita jumpai di lingkungan sekitar, diantaranya :

1.Intaglio
Cetak Intaglio

Cetak Intaglio merupakan teknik cetak yang timbul dengan cara menggoreskan atau menorehkan plat aluminium, dengan begitu membentuk sebuah gambar sesuai keinginan, lalu area yang telah tergores tadi diisikan oleh tinta lalu ditempelkan di kertas basah. Adapun hasilnya berbentuk cetakan timbul. Contoh dari pemakaian teknik intaglio yaitu uang kertas.

2.Relief
Cetak relief

Cetak relief merupakan proses ketika lapisan timbul dalam lempengan cetakan maupun balok kayu dengan diberi tinta, sementara untuk area yang tersembunyi atau tidak timbul umumnya bebas tinta, jadi ketika ditempelkan bisa membentuk cetakan sesuai keinginan. Adapun contoh pemakaian teknik relief ini yaitu stempel.

3.Stensil
Stensil

Teknik mencetak memakai gunting kertas berdasarkan bentuk maupun tulisan sesuai keinginan, lalu kertas tadi ditempelkan pada kain maupun papan yang hendak diberi cat, lalu kertas tersebut di semprot atau dicat. Dengan begitu saat kertas dicabut, maka hasil cat dalam papan atau kain tampak seperti sudah digunting, Adapun contoh pemakaian teknik ini diantaranya papan peringatan dan spanduk.

4.Plano
Planographic

Planographic printing atau cetak plano merupakan mencetak di lapisan datar. Teknik cetak ini mengunakan perbedaan dari sifat minyak dengan air yang tak saling menyatu. Dimana teknik tersebut sudah menginspirasi sebuah mesin cetak tipe offset memakai acuan pelat. Adapun contoh pemakaian teknik cetak ini yaitu mesin scanner dan fotokopi.

5.Kolagrafi
Teknik cetak kolagrafi

Teknik cetak kolagrafi merupakan teknik mencetak melalui penempelan objek dalam kanvas, kemudian keseluruhannya dibubuhi cat, lalu objek tersebut setelahnya dilepas. Adapun haslnya bagian yang tak dicat itu sendiri berbentuk objek tersebut dengan tampak cekung. Seni kolagrafi sendiri tak ada kaitannya dengan kolase walaupun kolagrafi terkesan mempunyai kata dasar dari kolase.

6. Saring
Cetak saring

Cetak saring merupakan pengembangan cetak stensil dimana masih mempunyai kekurangan khususnya ketika mencetak huruf mempunyai kurva tertutup, misalnya d, e, o, maupun a. Teknik cetak ini biasa dinamakan teknik ablon. Pencetakan itu sendiri akan dilakukan lewat saringan yang sudah diberikan batasan berdasarkan bentuk atau huruf yang  hendak dicetak. Contoh dari pemakaian cetak saring ini yaitu kaos, spanduk dan paking makanan olahan UKM.

7. Fotografi
Photography

Merupakan seni yang memakai pencitraan dalam suatu objek. Adapun unsur seni umumnya yang paling sering diperlihatkan yaitu komposisi foto. Dimana semakin baik komposisinya, dengan begitu semakin baik pula foto yang dihasilkan tersebut.

Terlebih lagi bila terdapat pesan yang telah tersirat pada foto tersebut. Adapun peralatan utamanya menggunakan kamera. Untuk hasil foto sendiri bisa dicetak maupun disimpan di perangkat komputer.

Itulah beberapa macam teknik seni grafis yang perlu kita ketahui, dimana teknik seni grafis di atas sering kita jumpai dalam aktivitas sehari-hari.

Previous
Next Post »

4 komentar

Ikhsan Maulana delete October 21, 2016

kalo yang no.2 itu bisa juga mengukir di atas batu yah, kalo saya sih pernah melihat di candi candi ..

Mang Lembu delete October 22, 2016

mang ikhsan mah baru pernah liat doang...saya malahan udah punya

Ikhsan Maulana delete October 22, 2016

punya dari apa atuh ih? kalo dari kayu saya juga punya :P
kalo dari batu saya belum punya hehehee

karimun jawa delete February 16, 2017

sangat tertarik dengan penjelasan no.7, nice

Maaf, komentar kamu akan aku moderasi terlebih dahulu, supaya aku tahu kalau ada komentar baru yang masuk, terima kasih telah berkomentar diblog ini :)
EmoticonEmoticon

 

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *