Semua tentang pengertian-pengertian oleh ahli dibahas diblog ini

iklan

Pengertian Hubungan Sosial dan Faktornya

Artikel kali ini akan membahas tentang pengertian hubungan sosial dan faktornya. Hubungan sosial merupakan hubungan timbal balik yang terjadi antara individu satu dengan individu lainnya. Hubungan ini bisa saling berpengaruh terhadap satu sama lain dan didasari dengan kesadaran untuk saling melakukan tolong-menolong.

tolong-menolong

Banyak yang menganggap bahwa hubungan sosial sama dengan interaksi sosial. Padahal interaksi sosial dan hubungan sosial jelas sekali berbeda meskipun ada sedikit berkaitan. Pengertian interaksi sosial adalah proses yang terjadi dan saling mempengaruhi pada dua orang atau lebih.

Artikel terkait:
Pengertian dan Faktor Perubahan Sosial Pada Masyarakat
Contoh Perubahan Sosial dalam Kehidupan Bermasyarakat

Individu yang melakukan hubungan sosial dipengaruhi oleh beberapa faktor yakni faktor yang berasal dari dalam dirinya dan faktor yang berasal dari luar dirinya. Faktor ini juga dibedakan menjadi dua yakni faktor internal dan faktor eksternal.

Faktor Internal

Faktor internal merupakan faktor yang berasal dari dalam diri seseorang tersebut yang mempengaruhi terjadinya suatu hubungan sosial. Berikut ini adalah hal-hal yang masuk ke dalam faktor internal:
  1. Adanya keinginan seseorang untuk melakukan proses komunikasi dengan sesamanya.
  2. Adanya keinginan seseorang untuk meneruskan dan mengembangkan garis keturunan melalui cara perkawinan dengan orang yang berlawanan jenis yang melakukan interaksi dan mempunyai ketertarikan antara satu dengan yang lain.
  3. Fakta bahwa manusia memerlukan orang lain sehingga hubungan sosial terjadi karena manusia pasti ingin memenuhi keperluan dasar tersebut. Manusia memerlukan bantuan dari orang lain.
  4. Adanya keinginan manusia untuk bertahan hidup meskipun sedang menghadapi masalah. Manusia pasti memerlukan manusia lain karena mereka tidak bisa hidup sendiri.

Faktor Eksternal

Faktor eksternal merupakan faktor yang berasal dari luar yang akan dijelaskan sebagai berikut:

A. Simpati
Pasti anda pernah mendengar kata simpati, tetapi apa sebenarnya arti dari kata simpati? Simpati merupakan sikap yang menunjukkan ketertarikan kepada orang lain karena ada hal yang membuat orang tersebut menjadi simpati dengan sesorang. Contohnya adalah pada saat ada saudara anda yang sedang bersedih, maka nada juga ikut bersedih. Ini yang dinamakan dengan simpati.

B. Motivasi
Apa pengertian dari motivasi? Motivasi merupakan dorongan yang berasal dari dalam diri seseorang yang menjadi dasar orang tersebut melakukan sebuah perbuatan. Contohnya adalah seorang guru sering memberikan tugas atau pekerjaan rumah. Ini membuat sang murid termotivasi untuk rajin belajar.

C. Empati
Sebenarnya, apa yang dimaksud empati? Empati merupakan proses psikis. Empati adalah perasaan iba atau terharu karena perasaan seseorang tersebut tersentuh oleh objek yang dilihat. Misalnya ketika kita melihat korban bencana alam yang ada di negara lain yang sedang bersedih dan mengalami luka parah, maka kita akan merasakan kesedihan tersebut sehingga kita mempunyai keinginan untuk membantu menghilangkan penderitaan korban bencana alam tersebut.

D. Sugesti
Kata ini sering terdengar dalam proses hipnotis. Sebenarnya sugesti merupakan kepercayaan yang mendalami seseorang kepada orang lain atau sesuatu hal. Pengaruh dari sugesti ini bisa muncul secara tak terduga.

E. Imitasi
Kata terakhir ini mungkin sering didengar dan digunakan seperti benda imitasi, dan lain sebagainya. Imitasi merupakan sebuah dorongan untuk menirukan sesuatu yang ada di dalam diri orang lain. Dorongan ini terjadi karena terdapat sikap atau minat kagum dengan orang lain tersebut.

Contoh yang paling mudah adalah menirukan gaya berpakaian artis idola atau menirukan tingkah laku orang yang dikagumi seperti artis atau tokoh lainnya atau bahkan teman sendiri.

Previous
Next Post »

Maaf, komentar kamu akan aku moderasi terlebih dahulu, supaya aku tahu kalau ada komentar baru yang masuk, terima kasih telah berkomentar diblog ini :)
EmoticonEmoticon

 

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *